Kamis, 11 November 2010

PSIKOLOGI


Kemampuan Otak SDM Era Informasi Onlinedan  Digital Era
Oleh : Nelson Sihaloho

 

Abstrak:
Saat ini informasi dan ilmu pengetahuan dapat diakses melalui informasi online (internet). Kemajuan teknologi yang begitu pesat  semua bangsa dituntut untuk mengoptimalkan kemampuan sumber daya otak sehingga mampu bersaing di era global, digital era dengan SDM-SDM bangsa lain. Dunia kini memasuki era paperless yang sering disebut dengan kemudahan mengakses informasi secara online.
Bermodal laptop dan computer kita akan mampu menjelajahi dunia cyber, yang kaya akan informasi. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa proses meng-online-kan informasi ini merupakan salah satu faktor penting yang mendorong pesatnya pertumbuhan ilmu pengetahuan dan teknologi di era globalisasi saat ini bahkan dimasa mendatang  teknologi online, era digital dan SDM manusia akan berkembang seiring dengan tuntutan perkembangan zaman dan teknologi.
Internet yang dikembangkan oleh AS tahun 1970 awalnya dipergunakan terbatas untuk keperluan militer. Seiring dengan itu diseluruh Negara di dunia,  internet sudah menjadi kebutuhan primer. Layanan internet lengkap, komunikatif bahkan sampai memanjakan konsumen. Teknologi ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line) yang populer beberapa tahun belakangan ini membuat internet menjadi barang yang tidak asing lagi di rumah-rumah bahkan masyarakat menikmati akses internet hingga full time 24 jam.
Kata kunci, Pendidikan, Informasi online, era digital dan SDM

Pendidikan kita saat ini dihadapkan kepada tantangan teknologi pendidikan  berbasis internet online, digita era maupun pemilihan sumber daya manusia yang berkualitas.  Era informasi yang seret dengan berbagai informasi dunia maya online itu menjadikan bangsa ini semakin sulit bersaing dengan Negara-negara maju penghasil teknologi canggih yang terus membanjiri pasaran.
Gordon Moore (Moore’s Law) pernah meramalkan  bahwa kemampuan komputer akan berlipat dua kali setiap 18 bulan. Informasi dan ilmu pengetahuan  saat ini banyak yang ditransfer ke dalam bentuk digital seperti tulisan ilmiah, skripsi maupun dokumen-dokumen lainnya disimpan dalam format elektronik. Melalui teknologi  internet semua informasi yang berhubungan dengan dokumen dapat ditampilkan pada situs web atau dikirim lewat email, sehingga dapat diakses dari berbagai penjuru dunia dengan syarat tersambung ke dunia cyber.
Demikian halnya dengan Informasi digital hampir tidak dapat terlepas dari kehidupan manusia sehari-hari. Saat ini buku, data observasi dan dokumentasi penelitian juga telah lazim ditransfer ke dalam bentuk digital. Banyak keuntungan informasi apabila disajikan dalam bentuk digital antara lain  kompresi data bisa disimpan dalam jumlah banyak, portabilitas akan lebih mudah khususnya dalam membawa informasi, proses offline menuju online. Demikian halnya dengan dunia pendidikan akses informasi online dapat dilakukan dengan begitu cepat sehingga semua informasi yang behubungan dengan dunia pendidikan ataupun penelitian pendidikan secara siginifikan memiliki kontibusi dalam penyampaian informasi secara akurat.
Jurnal-jurnal pendidikan misalnya saat ini semakin berkembang dan mudah diakses oleh siswa dari  internet sekolah. Kemajuan ilmu pengetahuan terbaru yang dipublikasikan oleh para ilmuwan juga dapat diakses dengan begitu mudahnya dari jaringan internet. Persoalannya sekarang bagaiamana bangsa ini mampu sebagai bangsa yang mampu sebagai pencipta teknologi-teknologi dimasa depan?
Pendidikan Berbasis Nano Teknologi
Saat ini banyak program-program tekonlogi pendidikan dibuka oleh universitas di Indonesia khususnya perguruan-perguruan tinggi dengan program pasca sarjana Magister Teknologi Pendidikan (MTP) diduga banyak tidak sesuai dengan program teknologi pendidikan.
Revolusi teknologi yang terjadi saat ini merupakan pengembangan dari nano teknologi yaitu partikel-partikel kecil yang memiliki kemampuan luar biasa. Bahkan sepeda motor yang dirancang dengan body mesin yang kecil namun memiliki kemampuan daya mesin yang luar biasa adalah pengembangan dari nano teknologi. Serat-serat kecil yang terkandung dalam nano teknologi itulah yang kemudian terus dikembangkan melalui pemberdayaan teknologi secara bekesinambungan.
Bagaimana dengan teknologi pendidikan di negeri ini. Teknologi dalam pendidikan kita secara umum merupakan hasil adopsi dari berbagai program-program teknologi pendidikan di luar negeri. Dalam Forum Grafis Digital 2007 bertajuk “Strategi Industri melalui Teknologi dan penciptaan Nilai”  dijelaskan bahwa munculnya teknologi baru selalu membawa perubahan pada peta industri. Revolusi digital ini menurut Philip B. Meggs dimulai pada akhir tahun 80 atau awal tahun 90-an , ilmu desain grafis umumnya didasari pengetahuan metoda kerajinan (handicraft processes), layout sebuah buku dimana  visualisasi desainnya disusun lewat tangan; desain huruf berasal dari typesetter, huruf yang sudah di print dipotong-potong lagi dan di susun di atas kertas tebal untuk membuat plat repro (platmaking).
Teknik ini di negara berkembang mungkin masih berlanjut hingga sekarang namun dengan teknologi terkini memungkinkan layout dikomputer langsung ke mesin cetak, baik hardware maupun sofware komputer berkembang secara radikal untuk menciptakan sebuah desain grafis.
Menurut Meggs, yang memelopori software komputer ini adalah programmer Bill Atkinson dan desainer grafis Susan Kare tahun 1984, lewat perusahaan Apple dan Machintos, karyanya merupakan suatu revolusi antarparas manusia (human interface). Kemudian muncul penemuan baru dimana postscript dan deskripsi bahasa page diciptakan oleh Adobe Systems, Inc., (misalnya software Adobe Acrobat) memungkinkan huruf-huruf, halaman-halaman tulisan di gabung dalam sebuah desain grafis di layar computer.
Lebih lanjut Meggs mengatakan  pertengahan tahun 1990-an semua kegiatan desain grafis konvensional, telah bergeser kepada kegiatan teknologi layar komputer virtual yang canggih. Abad ke 21 yang ditandai oleh penyebaran karya desain grafis ke berbagai pelosok dunia dalam seketika, desain grafis adalah komponen utama dalam produk cetak dan sistem informasi elektronik yang rumit. Desain grafis merembes kedalam kehidupan manusia masa kini, dalam menyampaikan informasi, identitas produk dalam dunia hiburan/entertaimen dan kepentingan pesan persuasif. Menurut Meggs teknologi digital ini, tanpa belaskasihan, secara dramatis telah memaksakan cara desain grafis diciptakan dan disampaikan kepada orang banyak. Tanpa diperintah, para desainer grafis juga berubah dan mengikuti perkembangan yang ada, untuk kepentingan ungkapan dan menyampaikan isi pesan yang ingin dikomunikasikannya.
Menurut penelitian UNESCO, masa sangat kreatif seseorang individu hanya sampai umur 40 tahun (seniman, arsitek dan desainer), masa 40 keatas seorang individu yang terdidik cendrung menjadi mapan, dan lebih memperhatikan status quo dan cendrung untuk menjadi pemikir dan penulis.
Itulah sebabnya sekolah yang maju adalah sekolah yang menerapkan program pendidikan berbasis nano teknologi.
Kuncinya pada Otak dan SDM
Semua ilmuwan mengakui bahwa salah satu bagian tubuh yang paling penting dan sangat berharga dan bisa mengubah dunia adalah otak. Dengan menggunakan otak maka seseorang akan mampu menghasilkan tiga macam bentuk pikiran, yaitu rasio-intuitif, emosional, dan pikiran spiritual. Namun untuk membuat pemilik otak itu sebagai manusia yang berarti/ berguna atau sebagai manusia yang kurang berguna bagi manusia lain adalah bagaimana ia memanfaatkan otaknya.
Otak yang tidak dirangsang secara optimal tidak akan membuat pemilik otak menjadi makhluk yang sempurna. Anak yang memiliki otak yang berkualitas dengan pengembangan emosional dan spiritual yang mantap selalu memiliki kemampuan lebih apabila dibandingkan dengan anak-anak yang otaknya dirangsang tidak optimal. Menurut para pakar ahli kedokteran bahwa pengembangan potensi otak dapat dilakukan melalui berbagai upaya  seperti pembinaan bahasa anak serta  memberikan mereka kesempatan untuk memiliki kegiatan dan melibatkan mereka dalam kegiatan sosial.
Taufik Pasiak (2004) mengatakan bahwa bahasa, latihan, pendidikan, pergaulan/sosial merupakan sarana untuk mengoptimalkan potensi otak. Orang tua yang demikian juga berpotensi dalam menghancurkan perkembangan otak anak mereka sendiri. Proses belajar harus diciptakan mengembangkan kecerdasan anak. Makanan bergizi akan merangsang pertumbuhan otak serta lingkungan yang kaya dengan rangsangan juga merupakan kunci dalam pengembangan otak anak.
Mengutip pendapat Markowitz (2002) dalam bukunya “otak sejuta gigabyte: buku pintar membangun ingatan super” juga membahas tentang proses ingatan, mengelola informasi, dan strategi untuk sukses di sekolah.
Pemilihan SDM bertujuan mencari kualitas, maka yang dipilih bukan saja yang mampu menciptakan nilai komparatif tetapi juga nilai kompetitif–generatif–inovatif serta  sanggup dan mampu mengerahkan seluruh enersi optimal seperti penggunaan fungsi otak  yaitu intelegensi, kreativitas dan imajinasi. Sesuai dengan aktivitas otak maka  lobus frontal mempunyai fungsi eksekutif yang berperan sebagai fungsi manajemen. Seorang individu, profesional, manejer dan pemimpin yang baik harus berupaya menguasai fungsi lobus frontalisny  supaya mampu menggunakan dengan baik dan MAMU bersaing di era kompetisi antar otak dan kecerdasan di era Millenium.
John Naisbit dalam bukunya Mind Set  menyatakan  bahwa budaya visual mengambil alih dunia karena visual ini merupakan fungsi otak kanan.
Albert Einstein mengatakan bahwa ada dua hal yang tidak terbatas, alam semesta dan otak manusia. Begitu hebatnya maka banyak tokoh otak menyampaikan keistimewaan otak manusia. Salah satu diantaranya Sir Charles Sherrington mengatakan bahwa Otak manusia adalah satu alat tenun dengan berjuta pintalan  mengikat, menenun satu  pola, selalu satu pola penuh arti, meskipun tidak pernah seorang percaya, satu harmoni bergeser menjadi sub pola.
Tony Buzan juga menyatakan bahwa bahwa pada setiap otak manusia, ada sekitar satu juta, (1,000,000,000,000) sel-sel otak. Setiap sel otak (neuron) berisi satu elektrokimia besar kompleks dan kuat merupakan mikrodata yang memproses serta memancarkan sistem kompleksitas nya, akan masuk ke dalam kepala  seperti lencana.
Otak merupakan organ yang mempunyai kemampuan belajar, terdiri dari belahan kiri dan kanan yang mempunyai fungsi berbeda, sedangkan daya saing ditentukan oleh kecakapan menyerap pelajaran karena pikiran(mind), tubuh(body), emosi dan otak merupakan suatu kesatuan.  Didalam otak terdapat pusat keindahan spiritual dan memiliki jembatan emas yang prima.
Banyak kini universitas telah memiliki kampus digital seperti Universitas Wiseda Jepang yang didukung dengan 600 unit computer dengan jaringan kabel serta optic untuk mendukung jaringan Ethernet Gigabit. Univeristas ini memiliki piranti pembuatan materi digital, jaringan khusus pendukung riset.
Penutup
Kemampuan otak manusia dalam menyerap berbagai informasi dipengaruhi oleh lingkungan keluarga terutama sejak dalam kandungan. Gizi yang sepadan juga berpengaruh dalam membentuk kemampuan serta merangsang pertubuhan otak anak. Lingkungan yang baik dan banyak memberikan rangsangan terhadap otak dan kemampuan sosial (kecerdasan emosional) anak secara signfikan memberikan kontribusi pada keberhasilan anak.
Penyerapan arus informasi yang positip dan memungkinan terhadap perkembangan otak anak seharusnya lebih didahulukan dalam mendidik anak/siswa sehingga semua informasi yang diperolehnya akan direkam dalam otak dalam bentuk positip. Pada era informasi dan era digital sekarang ini kemampuan sumber daya manusia diuji melalui kemampuan otak. Semakin kita mengoptimalkan kemampuan otak kita dengan baik akan semakin besar peluang memperoleh keberhasilan. (dihimpun dari berbagai sumber-sumber relevan, email sihaloho11@yahoo.com-www.blogger. com, nelson. blog.com, smpn11jambi.blogspot.com).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar